Senin, 25 Juni 2012

Mage

Mage

Jump to: navigation, search

Box mage.jpg Tentang Mage

Magician memiliki pertahanan terendah dibandingkan dengan profesi lainnya, tetapi mempunyai kekuatan sihir terkuat. Termasuk serangan jarak jauh dan sihir area. Mantera sihir dibagi menjadi sihir api yang kuat, sihir es yang cepat, dan serangan sihir jarak jauh.


Status Mage

Status dasar seorang magician adalah INT dan WIS. Dimana status INT cenderung lebih besar daripada WIS. Hal ini disebabkan karena seorang magician membutuhkan magic power yang besar untuk melakukan 1-hit kill terhadap musuh-musuhnya.

[author's note] Saya mencoba menjabarkan 3 macam tipe status mage. Mohon diingat, manashield tidak berfungsi dengan efektif setelah update 2nd job, sehingga status yang baik sekarang berisi int, vit atau luck.

tipe mage hunting single
  1. level 1-150 disarankan untuk full int saja. Leveling akan lebih cepat apabila anda full int. Disini full int bertujuan untuk mengejar 2nd job sehingga hunting akan menjadi lebih enak lagi, mengingat akan kegunaan manashield yang tidak terlalu efektif untuk mage single jadi tidak diperlukan poin AP yang banyak.
  2. level 151-seterusnya setelah full int sampai level 150, sekarang saatnya diberi sedikit poin wisdom. Kira-kira 30-40 poin cukup. Tujuan dimasukkannya poin wis disini adalah untuk menahan apabila sewaktu-waktu dikeroyok musuh dengan manashield (poin AP kita), karena momon lv 150an keatas biasanya agresif. Selain itu agar kita bisa memakai max blue pot agar hemat dalam restok.

tipe mage hunting mobbing
  1. level 1-100 full int saja. Level segini poin wis untuk mobbing tidak diperlukan.
  2. level 101-200 diberi sedikit poin wisdom, sekitar 30-40 agar poin AP mencapai 2k (agar tidak boros pot AP). Status seperti ini bertahan sampai level 200. Karena mage mobbing lebih baik diberi poin luck daripada poin wisdom agar lebih hemat dalam pot.
  3. level 201-seterusnya disarankan untuk memasukkan poin luck sekitar 120poin agar hindaran bertambah sampai sekitar 530an. Tujuan dimasukkan poin luck adalah agar damage momon "miss" dan kita tidak bocor dalam bermobbing.
tipe mage GWH
[author's note] untuk mage gwh, lebih baik setelah 2nd job baru diutak atik statusnya. Sebelumnya, tolong dipikirkan baik-baik apakah mau mengambil status ini, karena akan berdampak pada pengurangan mpw yang sangat drastis.
  1. level 150-180 dimasukkan poin wisdom sekitar 40-50 poin. Efektif atau tidaknya efek manashield, kita tetap harus menjadikan poin AP sebanyak minimal 2,5k agar bisa menahan kombo warrior
  2. level 181-seterusnya dimasukkan poin vit, kira-kira agar HP mencapai minimal 5k, sekitar 50-60poin. Tujuannya? Mengingat akan bug BJ trickster yang minimal dapat tembus sebanyak 4k, kita harus mengantisipasi HP kita dengan patokan minimal 5k agar dapat survive.
[author's note] Disini saya tidak mematok poin vit maksimal, karena poin HP itu terserah anda. Saya sendiri memasukkan lebih dari 80poin vit agar dapat menahan serangan trickster (catatan: mage lv 210++)



Equipment Mage


HEAD

[author's note] ini kepala yang direkomendasikan
  • Black Ribbon
Memiliki magic power pada status dasarnya yang apabila di upgrade tingkat mpw nya akan semakin tinggi. Item ini yang biasa digunakan pada magician
  • Cool Guy Helmet
Memiliki rata-rata hindaran pada status dasarnya. Item ini biasa digunakan oleh magician yang tipe huntingnya mobbing
  • All mage hat (baik non katalis, .G, .DG, atau .XG)
contoh : Magic Fabric Hat, Green Hat, Justice Hat, dsb.
Magician apabila memakai topi ini hanya untuk mencari aktivasi option bukan untuk hal yang lain. Biasanya digunakan apabila mage tersebut mencari def yang lebih besar


TOP

  • All Costume
biasanya digunakan oleh magician yang full int karena tidak bisa memakai baju yang ada syarat statusnya
contoh : maid costume (T), ghost buster (T), birthday costume (T), dsb.
  • All mage top (baik non katalis, .G, .DG, atau .XG)
contoh : Magic Fabric Clothes (T), Green Tunic (T), Justice Suit (T), dsb.


BOTTOM

  • All Costume
biasanya digunakan oleh magician yang full int karena tidak bisa memakai baju yang ada syarat statusnya
contoh : maid costume (B), ghost buster (B), birthday costume (B), dsb.
  • All mage bottom (baik non katalis, .G, .DG, atau .XG)
contoh : Magic Fabric Clothes (B), Green Tunic (B), Justice Suit (B), dsb.


SHOES

[author's note] ini sepatu yang direkomendasikan. Kenapa disini tidak saya tulis all mage shoes? Karena sepatu buat mage yang paling bagus adalah rune shoes karena menang di kecepatan serangnya. Sepatu lainnya menurut saya jelek untuk dipakai oleh mage.
  • Rune Shoes
Sepatu ini memiliki aspd yang terbesar jika dibandingkan dengan sepatu mage yang lainnya
  • Golden Shoes (costume)
Memiliki status dasar yang paling lengkap daripada sepatu yang lainnya, tetapi untuk meng-upgrade sepatu ini bukanlah hal yang mudah
  • Birthday Shoes (costume)
  • All mage bottom (baik non katalis, .G, .DG, atau .XG)
contoh : Magic Fabric Clothes (S), Green Tunic (S), Justice Suit (S), dsb.
Magician apabila memakai sepatu ini hanya untuk mencari aktivasi option bukan untuk hal yang lain. Biasanya digunakan apabila mage tersebut mencari def yang lebih besar.

STAFF

  • All Staff baik yang mempunyai syarat dasar maupun tidak mempunyai syarat dasar
contoh : Raden Staff, Makulth Staff, Raziel Staff, dsb.


ACCESSORIES

[author's note] ini acc yang direkomendasikan, saya rating dari yang paling baik untuk magician
  • Swimming eye googles, acc ini baik berkatalis maupun non katalis bagus dipakai untuk magician
  • Snorkle, acc ini baik apabila sudah di upgrade menjadi .G, .DG, atau .XG karena akan menambah luka bertambah dan luka berkurang. Namun apabila tidak berkatalis tidak disarankan untuk dipakai.
  • Pirate Eye Patch, acc ini baik apabila sudah di upgrade menjadi .G, .DG, atau .XG karena akan menambah luka bertambah dan luka berkurang. Namun apabila tidak berkatalis tidak disarankan untuk dipakai.
  • Scream Necklace, acc ini biasanya digunakan oleh clown, tetapi baik digunakan oleh mage apabila sudah di upgrade menjadi .G, .DG, atau .XG
  • Yellow Mariel Wings, acc ini biasanya digunakan oleh magician mobbing
  • Forest Crystal
  • Queen Bee Wings
  • Rooster tail
  • Crystal of Snow Princess
  • Wings of Incubus
  • Wings of Succubus
  • Necklace from Crow
  • Chinese Tallisman

semoga bisa membantu

milkteddy @myseald.net

Panduan Pet by milkteddy

[author's note] ini pet yang direkomendasikan
  • Pet tipe seed: Seed, Bud, Flower Bud, Rose, Sunflower, Solar, White Rose, Shuck, Beanie, Warrior Beanie, French Beanie, Warrior Beanie, Female Dryad, Fly Female Dryad
  • Pet tipe piya: Piya's Egg, Baby Piya, Smart Piya, Mage Piya, Great Mage Piya, Queen of All Chicken, Fly Chicken Queen
  • Pet tipe bird: Bird Egg, Legged Bird, Feather Winged Egg, Owl, Pair of Love Birds, Dr.Owl, Sweet Love Birds, Phoenix, Fly Phoenix
  • Pet tipe heaven: Heaven Egg, Baby, Girl, Lady, Valkyrie, Fly Valkyrie

Saran saya, apabila level karakter anda masih dibawah 80 sebaiknya menggunakan pet tipe seed (solar). Selanjutnya, ketika anda menginjak level 80 langsung loncat menggunakan Dr.Owl atau jika reputasi belum mencapai greenhorn, bisa menggunakan owl. Mengapa? Karena dibawah level 80, seorang mage masih bisa fast leveling hanya dengan menggunakan solar. Tidak perlu repot-repot mengganti dengan Great Mage Piya, tetapi langsung loncat ke Dr.Owl saja. Selain lebih praktis, juga lebih menghemat biaya.
Tetapi jika anda tetap ingin menggunakan Great Mage Piya, silahkan saja.

Selain itu, sebenarnya saya tidak merekomendasikan anda menggunakan pet tipe heaven. Mengapa? Valkyrie sebenarnya tidak terlalu bagus untuk mage karena status dasarnya tidak mempunyai aspd. Biarpun valkyrie mempunyai luka bertambah, tetapi aspd juga sangat mempengaruhi delay dan reload skill mage. Tanpa %luka bertambah dari valkyrie, damage mage aslinya memang sudah besar. Jadi Dr.Owl saja sebenarnya sudah cukup untuk seorang mage untuk leveling, apalagi Dr.Owl juga mempunyai status dasar aspd.
Tetapi, sekali lagi, jika anda tetap ingin menggunakan Valkyrie, silahkan saja.

Jika anda ingin mempunyai pet dengan %luka bertambah, saya rekomendasikan untuk menggunakan QOAC. Atau Fly Chicken Queen yang notabene lebih bagus daripada Phoenix. Atau Fly Phoenix sendiri juga boleh hehehe.

Equipment mage terdiri dari hat, top, bottom, shoes, staff dan aksesoris yang apabila di upgrade akan menambah status dan kemampuan karakter yang dapat digunakan untuk bertarung dalam dunia Shiltz.


Tipe Mage

Job2magician.jpg

Mage Api


Dibawah ini urutan build skill untuk mage api single:
  1. soul univ lv 1
  2. fire ball lv 5 (mentok)
  3. mega fire ball lv 5 (mentok)
  4. fire strike lv 10
  5. mega fire strike lv 10
  6. fire storm lv 5 (mentok)
  7. hellburn lv 10
  8. naekin soul univ lv 10
  9. manashield lv 5
  10. fire mastery lv 5
  11. phoenix lv 10
  12. naekin manashield lv 10
  13. meteor lv 10

[author's note] belajar phoenix ditaruh dibagian akhir soalnya ada syarat levelnya. Biasanya SP nya sisa jadi ambil hellburn dulu aja.

Lantas kalau mage mobbing tinggal dibalik urutannya sebagai berikut:
  1. soul univ lv 1
  2. fire ball lv 5 (mentok)
  3. mega fire ball lv 5 (mentok)
  4. fire strike lv 10
  5. mega fire strike lv 10
  6. fire storm lv 5 (mentok)
  7. hellburn lv 10
  8. naekin soul univ lv 10
  9. manashield lv 5
  10. meteor lv 10
  11. naekin manashield lv 10
  12. fire mastery lv 5
  13. phoenix lv 10

Mage api mempunyai damage yang lebih kuat daripada mage es sehingga dapat membunuh lawan dengan lebih cepat, namun lambat dalam casting dan delay skill. Kekurangan ini dapat diatasi dengan cara penempaan (upgrade) equipment yang dipakai.

Job Lanjutan

Burner

Merupakan profesi lanjutan yang dapat dipilih dari Mage. Mage elemen api, dengan kemampuan pengendalian elemen apinya, membuat magic yang dimiliki akan semakin dahsyat. Tidak hanya itu, pelindung api akan melindunginya sekaligus memantulkan kembali serangan lawannya.


Mage Es


Dibawah ini urutan build skill es single:
  1. soul universe lv 1
  2. frostbolt lv 5 (mentok di level 5 saja)
  3. mega frostbolt lv 5 (mentok di level 5 aja)
  4. iceberg crash lv 10
  5. mega iceberg crash lv 10
  6. ice drill lv 5
  7. freeze lv 10
  8. naekin soul universe lv 10
  9. manashield lv 5
  10. ice mastery lv 5
  11. waterfall lv 10
  12. naekin manashield lv 10
  13. blizzard lv 10

[author's note] kalo semua skill diatas udah diambil, silahkan ambil skill api. tapi jangan ambil skill api kalo skill2 diatas belum keambil semua

Lantas untuk mage es mobbing tinggal dibalik saja urutannya:
  1. soul univ lv 1
  2. frostbolt lv 5 (mentok di level 5 saja)
  3. mega frostbolt lv 5 (mentok di level 5 aja)
  4. iceberg crash lv 10
  5. mega iceberg crash lv 10
  6. ice drill lv 5
  7. freeze lv 10
  8. naekin soul universe lv 10
  9. manashield lv 5
  10. blizzard lv 10
  11. naekin manashield lv 10
  12. ice mastery lv 5
  13. waterfall lv 10

[author's note] Apabila telah mengambil ice mastery, tidak bisa mengambil fire mastery.

Panduan Mage Hunting Single

Level 10-18 Silky Joe dan Joe the Kick Boxer (Kuil Adel)
Level 18-25 Influental Knight Piya (Dinding Luar Lime) atau Happy Bah Bah (Dataran Gunung Crude)
Level 25-31 Dancing Pumpkin (Goa Crude), Baby/Mama/Papa Bear (Hutan Laywook Timur) atau Head of Dullahan (Hutan Herkaus)
Level 31-42 Golden Plumber (Hutan Laywook Barat) atau Forest Ogre (Hutan Laywook Barat)
Level 42-46 Queen Tarantula (Goa Crude)
Level 46-54 Steel Golem (Ujung Dunia) atau Computer Freak (Hutan Laywook Barat)
Level 54-62 Warrior of Darkness (Goa Silon),Conceited Ostrich (Gunung Travia) atau Cool Boy (Hutan Laywook Barat)
Level 62-70 White Rocking Horse (Danau Cross) atau Naive Succubus/Inccubus (Pulau Terlarang Timur)
Level 70-78 Succubus/Inccubus (Hutan Herkaus), Body Dullahan (Hutan Herkaus) atau Gun (Danau Cross)(mobbing)
Level 78-84 Dullahan (Hutan Herkaus) atau Mutated Aleph (Goa Terlarang)
Level 84-92 Platinum Plumber (Goa Aleph), Cankura (Goa Aleph), Perverted Humbug (Goa Aleph), TNT Skullo (Goa Aleph), Giant Octopus (Hilir Sungai Glasis) atau Crack Crab (Hilir Sungai Glasis)
Level 92-104 Abuca (Goa Terlarang)(mobbing), Ghost Midnight (Goa Aleph Lt.2), Torcher Cactus (Dimensi Api), Brave Knight Piya (Dimensi Api) atau Crack Crab (Hilir Sungai Glasis)
Level 104-128 Ghost Midnight (Goa Aleph Lt.2)(mobbing), Chainsaw Zombie (Goa Aleph Lt.2)(mobbing), Dimensi Api (mobbing), Queen Bee (Dimensi Tanah) atau Crack Crab (Hilir Sungai Glasis)
Level 128-132 Sphin-x-corpio (Dimensi Tanah)(mobbing) atau Hell Dog (Kuburan Bawah Tanah Lt.1)
Level 132-145 Lizzard Man (Hilir Sungai Glasis)(mobbing), Gork (Kuburan Bawah Tanah Lt.1) atau Soul Collector (Hutan Kematian)
Level 145-155 Experienced/Violent Padron (Kuburan Bawah Tanah Lt.2,3) atau Gentle Pumpkin (Hutan Kematian)
Level 155-165 Hard Giant Beetle (Kuburan Bawah Tanah Lt.3), Experienced/Violent Padron (Kuburan Bawah Tanah Lt.2,3)(mobbing) atau Black Wood (Hutan Kematian)
Level 165-171 Bird Wife (Dataran Merah Barat)(mobbing), Hand Rock (Dataran Merah Barat) atau Bird Rock (Dataran Merah Barat)
Level 171-182 Sphinky (Dataran Merah Barat) atau Siren (Gunung Poibus Utara)(mobbing)
Level 182-203 Frightened Zombie (Goa Kematian), Computer Freak The 2nd (Goa Kematian) atau Alleu (Goa Kematian)
Level 203-211 Computer Freak The 2nd (Goa Kematian), Dark Warrior Alleu (Goa Kematian) atau Worm (Gunung Poibus Utara)
Level 211-251 Dark Warrior Alleu (Goa Kematian) atau Worm (Gunung Poibus Utara)

[author's note] Mengingat setelah update "2nd Job-Kelahiran Pahlawan" lantas sistem efek skill dua elemen api-air pada mage tidak berlaku lagi, maka leveling guide ini dibuat berdasarkan pencolokan elemen Blue Water pada staff. Apabila Blue Water tidak dicolokkan, maka leveling guide ini tidak akan efektif secara maksimal.
Leveling guide ini telah dicoba dan telah di review berkali-kali untuk dibuktikan keakuratannya. Mohon diperhatikan, range level yang tertulis itu hanya merupakan acuan saja, tidak menutup kemungkinan apabila (contoh) lv 182 mampu hunting di Dark Alleu.

Panduan Mage Hunting Mobbing

[author's note] panduan ini bukan untuk full int (setidaknya ada wis 30-40). mengapa? karena mobbing di level awal dengan full int + tanpa equip berembel-embel .G/.DG sangatlah menyakitkan. Jadi gw saranin dimasukin wis setidaknya 30-40 kalo gak mau sayang poin int.
gw mulai dari level 66, kenapa? karena level 66 itu level yang pas buat start mobbing leveling di bawah 66 itu masih terbilang cepet tanpa harus mobbing

level 66-70 naive succubus/inccubus, succu/incu, dullahan, high nixie, atau all momon di lt.2 tambang clements
level 70-75 kimbara pulau terlarang, hatcling biru
level 75-90 cankura+platinum plumber goa aleph, mutated aleph, CZ
level 90-107 abuca, kumbang goa terlarang, railor
level 107-132 dimensi logam(all momon), dimensi kayu(all momon), dimensi tanah (spinxcor), lizard, wood-wood, mariel-gariel, marvell/elvis, shark the2nd (istana laut)
level 132-140 gork, all momon di altar sebelom warp kuburan lt.1
level 140-150 padron, kumbang, all momon di kuburan lt.3

Diatas level 150 gak gw tulis, soalnya diatas level 150 itu kebanyakan hunting party dan kalian udah tau cara hunting yang nyaman buat kalian sendiri. Lagipula lv 150 itu udah bisa ganti job dan mungkin gak berniat untuk mobbing lagi.

Mage es memiliki kelebihan dalam casting dan delay skill yang cepat yang dapat dimanfaatkan untuk berlari menghindari lawan dengan lebih sigap dan tanggap. Namun sayang, damagenya tidak dapat melebihi damage mage api. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan penempaan (upgrade) pada staff.

Job Lanjutan

Freezer

Merupakan profesi lanjutan yang dapat dipilih dari Mage. Mage elemen air, dengan kekuatan dapat membekukan dan memperlambat gerakan lawan. Freezer mampu menciptakan sebuah pelindung yang menetralkan serangan musuh, ditambah dengan kekuatan untuk melipatgandakan kecepatan casting magic, membuatnya ditakuti lawan.

4 komentar:

  1. bro kalo mageny full int jd mau make eq sma senjata ny gmn dong?

    BalasHapus
  2. waduh 2015 desember ini masih maen game jadoel :)
    ada seal ada cinta, hahahaha

    BalasHapus
  3. lebih sakit mage api atau mage es bro?

    BalasHapus